Agar Blog di Temukan di Searh Engine

Salah satu dari tujuan kita membuat blog adalah untuk dibaca dan ditemukan oleh orang lain, blog yang sering dikunjungi tentu saja membuat kita senang. Namun bagaimana caranya agar blog kita bisa ditemukan dan dikunjungi ?

banyak yang memberikan tips-tips untuk hal seperti ini.

Salah satu pemberi pengunjung terbesar adalah dari search engine, hal ini pasti kita sudah tahu. Tapi bagaimana caranya agar blog bisa masuk ke search engine, mungkin kita juga sudah tahu. Tapi kalau belum berikut ini beberapa cara yang bisa digunakan.

Agar Blog di Temukan di Google

Agar blog kita bisa muncul di halaman pencarian Google, kita perlu mengundang Google untuk datang dan melihat-lihat blog kita, bagaimana cara mengundang Google ? dengan mengirim undangan. Kemana mengirimkannya ? Bagaimana caranya ?

Agar Google bisa datang ke blog kita perlu memberi tahu Google alamat blog kita, biar Google tidak salah alamat. Berikut ini cara mengundang Google atau orang barat menyebutnya mensubmit ke Google.

Pertama – SIGN IN ke GMAIL jika kamu belum, atau jika belum punya maka kamu bisa membuatnya. Mengapa harus membuat GMAIL ? karena akan memudahkan kita untuk mendapatkan beberapa layanan dari Google.

Kedua – klik pada link My Service di bagian atas layar GMail.

Ketiga – Klik pada Webmaster Tools, ini akan membawa kamu ke layanan Google WebMaster.

Keempat – isikan alamat blog pada kota Add Site, lalu klik tombol OK.

Kelima – Klik pada link Verify Your Site.

Keenam – pilih Add a Meta Tag pada ComboBox


Ketujuh – masuk ke Blogger > Layout > Edit Html, lalu cari tag pada layar kode dari Template. Copy kode dari Google WebMaster Tools dan Paste kan di atas Tag , lalu klik SAVE TEMPLATE.


Kedelapan – kembali kelayar Google Webmaster Tools, klik tombol Verify. Jika proses berhasil maka akan menampilkan layar summary, dan memberi tahukan bahwa kita telah berhasil.


Sampai disini berarti Blog kita telah siap untuk didatangi oleh Google, dan jika sudah di index akan masuk kedalam hasil pencarian di Google. Untuk bisa diindex mungkin kita harus menunggu beberapa hari. Setelah beberapa hari check lagi apakah Blog kita sudah diindex, dan kapan Google mengindexnya. Jika sudah berhasil maka akan terlihat seperti dibawah ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: