Jenis Port dan Fungsinya (Bag.2)

Berikut ringkasan Jenis Port dan Fungsinya

walaupun sudah pernah di bahas pada postingan bulan ini juga, namun saya coba untuk memberikan lebih detail lagi tentang Port :

1. Port 80, Web Server
Port ini biasanya digunakan untuk web server, jadi ketika user mengetikan alamat IP atau hostname di web broeser maka web browser akan melihat IP tsb pada port 80,

2. Port 81, Web Server Alternatif
ketika port 80 diblok maka port 81 akan digunakan sebagai port altenatif hosting website

3. Port 21, FTP Server
Ketika seseorang mengakses FTP server, maka ftp client secara default akan melakukan koneksi melalui port 21 dengan ftp server

4. Port 22, SSH Secure Shell
Port ini digunakan untuk port SSH

5. Port 23, Telnet
Jika anda menjalankan server telnet maka port ini digunakan client telnet untuk hubungan dengan server telnet

6. Port 25, SMTP(Simple Mail Transport Protokol)
Ketika seseorang mengirim email ke server SMTP anda, maka port yg digunakan adalah port 25

7. Port 2525 SMTP Alternate Server
Port 2525 adalah port alternatifi aktif dari TZO untuk menservice forwarding email. Port ini bukan standard port, namun dapat diguunakan apabila port smtp terkena blok.

8. Port 110, POP Server
Jika anda menggunakan Mail server, user jika log ke dalam mesin tersebut via POP3 (Post Office Protokol) atau IMAP4 (Internet Message Access Protocol) untuk menerima emailnya, POP3 merupakan protokol untuk mengakses mail box

9. Port 119, News (NNTP) Server

10.Port 3389, Remote Desktop
Port ini adalah untuk remote desktop di WinXP

11. Port 389, LDAP Server
LDAP or Lightweight Directory Access Protocol is becoming popular for Directory access, or Name, Telephone, Address directories. For Example LDAP://LDAP.Bigfoot.Com is a LDAP directory server.

12. Port 143, IMAP4 Server
IMAP4 or Internet Message Access Protocol is becoming more popular and is used to retrieve Internet Mail from a remote server. It is more disk intensive, since all messages are stored on the server, but it allows for easy online, offline and disconnected use.

13. Port 443, Secure Sockets Layer (SSL) Server
When you run a secure server, SSL Clients wanting to connect to your Secure server will connect on port

14. 443. This port needs to be open to run your own Secure Transaction server.
Port 445, SMB over IP, File Sharing
Kelemahan windows yg membuka port ini. biasanya port ini digunakan sebagai port file sharing termasuk printer sharing, port inin mudah dimasukin virus atau worm dan sebangsanya

15. Ports 1503 and 1720 Microsoft NetMeeting and VOIP
MS NetMeeting and other VOIP allows you to host an Internet call or VideoConference with other 16. NetMeeting or VOIP users.

16. Port 5631, PCAnywhere
When a PCAnywhere server is set up to receive remote requests, it listens on TCP port 5631. This allow you to run a PCAnywhere host and use the Internet to connect back and remotely control your PC.

17. Port 5900, Virtual Network Computing (VNC)
When you run an VNC server to remotely control your PC, it uses port 5900. VNC is useful if you wish to remotely control your server.

18. Port 111, Portmap

19. Port 3306, Mysql

20 Responses to “Jenis Port dan Fungsinya (Bag.2)”

  1. wah.. tutornya bagus nich.. tapi aku belon sempet baca semua postingannya, karena tiap postingannya musti dipelajarin baik” nah di sini aku mo tanya bang.. *smile*kalo port chat via Yahoo Messenger itu port brp ya? port 5000an keatas bukan?kalo iya, kenapa tiap saya blog port 5000an keatas ataupun cuma blog 5050, YM tetep bisa? kecuali kalo saya blog juga port http alias 80 or 8080.soalnya aku pernah punya masalah, waktu config cisco router *sejenis lontong* nah si client minta supaya port untuk YM ditutup, tapi untuk browsing tetep bisa *mo liat bokep x* (positive thinking) hihi.. aku tutup port 5000an tapi masih bisa chat, giliran aku tutup port 5000an sama port http baru ga bisa YM, tapi juga ga bisa browsing *sigh* kenapa ya? apakah alternatif port YM itu lari ke port http?*mohon infonnya*salam kenalwaterbomm *cheers* hihi

  2. wah.. tutornya bagus nich.. tapi aku belon sempet baca semua postingannya, karena tiap postingannya musti dipelajarin baik” nah di sini aku mo tanya bang.. *smile*kalo port chat via Yahoo Messenger itu port brp ya? port 5000an keatas bukan?kalo iya, kenapa tiap saya blog port 5000an keatas ataupun cuma blog 5050, YM tetep bisa? kecuali kalo saya blog juga port http alias 80 or 8080.soalnya aku pernah punya masalah, waktu config cisco router *sejenis lontong* nah si client minta supaya port untuk YM ditutup, tapi untuk browsing tetep bisa *mo liat bokep x* (positive thinking) hihi.. aku tutup port 5000an tapi masih bisa chat, giliran aku tutup port 5000an sama port http baru ga bisa YM, tapi juga ga bisa browsing *sigh* kenapa ya? apakah alternatif port YM itu lari ke port http?*mohon infonnya*salam kenalwaterbomm *cheers* hihi

  3. sori gk prnh OL lagi .. sibuk sih..wah susah bngt pertanyaan nya .. newbie koq ditanya begini an he..3x<>kalo port chat via Yahoo Messenger itu port brp ya? port 5000an keatas bukan?kalo iya, kenapa tiap saya blog port 5000an keatas ataupun cuma blog 5050, YM tetep bisa? kecuali kalo saya blog juga port http alias 80 or 8080.<>Scra default /u koneksi, YM ttp berjalan di port 5050. dan Setau saya, ketika akan melakukan transfer file dsb sdh bkn menggunakan port itu lagi./u video menggunakan port 5100. jd bnr jika range 5000 s.d 5050 ada port milik ym. dan sepertinya antara port 5050 dg port 80/8080 memiliki keterkaitan. Nah cb pstikan dulu apa ym nya gk pake proxy luar ?dan di transparant proxy aja http nyaterus di proxy nya blok port 5050.mungkin lho ini bisa membantu.he..3x, maaf kl gk berkenan .. maklum nuwbie.

  4. sori gk prnh OL lagi .. sibuk sih..wah susah bngt pertanyaan nya .. newbie koq ditanya begini an he..3x<>kalo port chat via Yahoo Messenger itu port brp ya? port 5000an keatas bukan?kalo iya, kenapa tiap saya blog port 5000an keatas ataupun cuma blog 5050, YM tetep bisa? kecuali kalo saya blog juga port http alias 80 or 8080.<>Scra default /u koneksi, YM ttp berjalan di port 5050. dan Setau saya, ketika akan melakukan transfer file dsb sdh bkn menggunakan port itu lagi./u video menggunakan port 5100. jd bnr jika range 5000 s.d 5050 ada port milik ym. dan sepertinya antara port 5050 dg port 80/8080 memiliki keterkaitan. Nah cb pstikan dulu apa ym nya gk pake proxy luar ?dan di transparant proxy aja http nyaterus di proxy nya blok port 5050.mungkin lho ini bisa membantu.he..3x, maaf kl gk berkenan .. maklum nuwbie.

  5. <>Scra default /u koneksi, YM ttp berjalan di port 5050. dan Setau saya, ketika akan melakukan transfer file dsb sdh bkn menggunakan port itu lagi./u video menggunakan port 5100. jd bnr jika range 5000 s.d 5050 ada port milik ym. dan sepertinya antara port 5050 dg port 80/8080 memiliki keterkaitan. Nah cb pstikan dulu apa ym nya gk pake proxy luar ?dan di transparant proxy aja http nyaterus di proxy nya blok port 5050.mungkin lho ini bisa membantu.<>kalo untuk nutup port 5000an udah aku tutup.. kalo untuk proxy, ga ada proxy, trus juga pc nya ga pake proxy soalnya langsung nyoba di pc sendiri. tapi ntah kenapa, koq masih bisa ya.. hiks hiks.. yoo wess lah..๐Ÿ˜€<>he..3x, maaf kl gk berkenan .. maklum nuwbie.<>hayah ngece nich.. huh.

  6. <>Scra default /u koneksi, YM ttp berjalan di port 5050. dan Setau saya, ketika akan melakukan transfer file dsb sdh bkn menggunakan port itu lagi./u video menggunakan port 5100. jd bnr jika range 5000 s.d 5050 ada port milik ym. dan sepertinya antara port 5050 dg port 80/8080 memiliki keterkaitan. Nah cb pstikan dulu apa ym nya gk pake proxy luar ?dan di transparant proxy aja http nyaterus di proxy nya blok port 5050.mungkin lho ini bisa membantu.<>kalo untuk nutup port 5000an udah aku tutup.. kalo untuk proxy, ga ada proxy, trus juga pc nya ga pake proxy soalnya langsung nyoba di pc sendiri. tapi ntah kenapa, koq masih bisa ya.. hiks hiks.. yoo wess lah..๐Ÿ˜€<>he..3x, maaf kl gk berkenan .. maklum nuwbie.<>hayah ngece nich.. huh.

  7. halo. salam kenal dari surabaya. artikel yang ini bener2 memberi pencerahan buat saya. terimakasih.

  8. halo. salam kenal dari surabaya. artikel yang ini bener2 memberi pencerahan buat saya. terimakasih.

  9. >annisha berkata…>halo. salam kenal dari surabaya. >artikel yang ini bener2 memberi >pencerahan buat saya. terimakasih.Yup, salam knl juga

  10. >annisha berkata…>halo. salam kenal dari surabaya. >artikel yang ini bener2 memberi >pencerahan buat saya. terimakasih.Yup, salam knl juga

  11. coba deh block port 443pasti YM nya ngk jalan๐Ÿ™‚

  12. coba deh block port 443pasti YM nya ngk jalan๐Ÿ™‚

  13. Anonymous Says:

    makasi y.oxa

  14. Anonymous Says:

    makasi y.oxa

  15. ternyata port itu banyak juga ya ,
    makasi sekarang jd lebih tau kalo ternyata ada begitu banyak port

  16. ternyata port itu banyak juga ya ,
    makasi sekarang jd lebih tau kalo ternyata ada begitu banyak port

  17. Matur suwun kang,,, dengan artikel ini saya lebih banyak pengetahuan untuk menemukan problem di PC saya, dan alhamdulilah sudah terpecahkan..

  18. Matur suwun kang,,, dengan artikel ini saya lebih banyak pengetahuan untuk menemukan problem di PC saya, dan alhamdulilah sudah terpecahkan..

  19. Matur suwun banget kang.. artikelnya josss tenan

  20. Matur suwun banget kang.. artikelnya josss tenan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: