SETTING EMAIL POP3 DI OUTLOOK EXPRESS

Untuk dapat menggunakan Outlook Express (email client) yang terdapat pada sistem Operasi window haruslah di setting terlebih dahulu. berikut ini adalah langkah-langkah yang harus ditempuh;

Langkah 1

buka dan jalankan program Outlook Express. biasanya shorcut program ini terdapat di menu Start –> All Program. disana program Outlook Express. kalaupun tidak ada, sebaiknya install dulu dengan menggunakan CD Sistem Operasi yang digunakan (win98 ataupun Win XP).

Langkah 2

Setelah kita menjalankan (running) program tersebut, maka masuklah kita pada program. mulai dari sini yang kita lakukan adalah setting acount email yang kita gunakan. caranya dari menu toolbar Tools –> Accouts. Maka akan muncul windows seperti dibawah ini:

acounts

Langkah 3

dari posisi Acount ini, kita klik Add –> Mail. maka akan muncul window baru seperti gambar dibawah ini.

mail

untuk Display Name dapat kita isi sesuka kita, yang jelas pada isian ini tidak boleh kosong, nanti alamat email kita akan terdapat inisialiasi menjadi nama yang kita isikan.

Langkah 4

setelah mengisi nama yang akan ditampilkan (display name) seperti diatas, kita klik next, kemudian kita masuk pada tahap mengisi alamat email kita, yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini.

mail2

Langkah 5

setelah mengisi alamat email, kemudian kita lanjutkan dengan mengisi email server yang kita gunakan. untuk isian alamat pop server tergantung dari provider (pelayan) email yang kita gunakan.

mailserver

untuk ini, saya mengambil contoh yahoo (dot us), maka setting pop dan smtp yang saya gunakan adalah:

pop.mail.yahoo.co.uk

smtp.mail.yahoo.co.uk

(*untuk bahasan POP3 dan SMTP akan saya buat bahasan tersendiri)

Langkah 6

Setelah mengisi Setting alamat servernya, langkah selanjutnya adalah mengisikan ID dan Password yang kita miliki pada server tersebut.

akun

Langkah 7

Selesai :) klik Finish untuk mengakhiri setting account email

finis

But, wait jangan senang dulu. ada beberapa email provider (misal; yahoo atau gmail) yang mengharuskan kita untuk melakukan sedikit perubahan. seperti pada gambar dibawah ini;

pro

lihat pada tanda panah, pada bagian itu di centang. caranyanya sama dengan langkah 2, pada tab mail kita dobel klik akun kita, atau klik properties. sesudahnya klik Okey.

Update:

Bagi pengguna Gmail (google mail), perhatikan setting port atau download program ini, untuk melakukan setting pada outlook express.

Setting port Gmail:

Setting servernya seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini:


jangan lupa untuk mengubah setting pada acount gmail kita, setelah login, kita klik “setting” di sudut kanan atas.

set1.jpg

setelah klik setting, kita klik “forwarding and pop”

set2gmail.jpg

setelah itu, aktifkan popnya. dengan terlihat “pop is enable” berati setting sudah benar.

2 Responses to “SETTING EMAIL POP3 DI OUTLOOK EXPRESS”

  1. untuk koneksi internetnya langsung tanpa melalui bisa,udah saya coba (coba warnet) dan memang bisa, nah masalahnya kalau akses internetnya melalui proxy tidak bisa, saya coba di kantor yg koneksi internetnya melalui proxy (menu LAN Setting di IE, proxy enabled) tidak bisa, ada yang tahu biar bisa?

  2. untuk koneksi internetnya langsung tanpa melalui bisa,udah saya coba (coba warnet) dan memang bisa, nah masalahnya kalau akses internetnya melalui proxy tidak bisa, saya coba di kantor yg koneksi internetnya melalui proxy (menu LAN Setting di IE, proxy enabled) tidak bisa, ada yang tahu biar bisa?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: