Setup BRIDGE pada ADSL (WinXP)

Apa ISP yang anda gunakan saat ini ? ini saya ambil sampling dari saya aja ya …
saya menggunakan ISP Telkom Speedy

unlimeted. Dan IP Publik yang saya dapatkan adalah STATIC yang artinya tetap walau sudah reConnect (sudah hukum dari Telkom sih).
Jika menggunakan Speedy sdh pasti kita berbicara tentang ADSL ROUTER krn koneksi Speedy memang menggunakan Modem jenis ini.

Modem ini berbeda dengan Modem DIAL UP dimana Modem DIAL UP akan melakukan Koneksi melalui DIAL ke nomor telephone sedangkan Modem ADSL melakukan koneksi BroadBand (internet dengan kecepatan rata2 di atas 250kbps). Dengan koneksi BroadBand, maka kita akan dapat menikmati Streaming Video, Audio dan OL Game serta service2 internet laenya.

Hmm …cukup sudah sekilas BroadBand ya …, Back To Laptop

Pada modem DIAL UP … koneksi dilakukan oleh komputer ke ISP langganan kita. Sedangkan ADSL dapat disetting dengan dua mode yaitu PPoPE dan BRIDGE. Pada saat koneksi PPoPE … IP Publish mengarah Pada ADSL yang kmudian berubah fungsi menjadi GateWay bagi client2 pegakses Internet Sharenya….(smoga gk bingung) dan sebaliknya pada saat mode BRIDGE maka IP Publish mengarah ke PC dan sudah tentu PC terebut menjadi GaTeWay.

Lalu …, apa kelebihan dan kekurangan dari salah satu koneksi di atas ?. Singkatnya …. mode PPoPE akan lebih aman /u sistem anda ketimbang mode BRIDGE… so Mengapa ? ?…

karena pada PPoPE mode …. IP PUBLISH akan mengarah ke Modem (dg catatan anda nggak memforward port), sehingga exploitasi port akan mentok di ADSL. Namun sisi kelemahan pada mode ini adalah adanya Pembajakan Akun ISP anda …. seperti yg sudah saya bhs si posting yg lalu….cara mengantisipasinya adalah dengan mengganti UserName dan Password Standard pada ADSL serta melakukan penutupan akses WAN pada ADSL….(masing2 ADSL memiliki fitur dan menu yg berbeda) ………fuuh …kurasa aman sudah.

Kmudian pada mode BRIDGE, ADSL diset dalam mode StandBy yg artinya siap membuka Jalur Login ke ISP …. dan Login ke ISP dilakukan di PC yg akhirnya akan berfungsi sbg GateWay .. pada mode ini cenderung kurang aman bagi rekan yg memiliki knowledge Beginner dalam Networking seperti saya ni. Krn IP Publish akan mengarah ke PC Gateway ini dan memungkinkan adanya serangan berupa pencurian data, pemasangan spyware dan bahkan pengrusakan system ….

ok..3x sekarang back to Topic awal ..

Untuk mensetup ADSL pada modem Bridge lakukan langkah berikut … sample pada ADSL Router TP-LINK Serie TD-8810 …..saya suka ADSL merk ini … karena MURAH…!!!!

Masukan alamat url ADSL standard http://192.168.1.1 pada browser …


klik advanced setup – wan, kmudian klik Edit pada bagian atas … kmudian klik next sampai muncul gambar seperti di bawah ini :


kmudian klik next dan setelah itu save dan reboot.

selesai Setup pada ADSL, dan untuk berikutnya kita akan melakukan koneksi ke ISP melalui PC. Adapun langkah2nya adalah sebagai berikut :

– Klik start – setting – control panel … kmudian klik icon bertuliskan network connection
kemudian klik Created a new connection

Setelah sampai disini klik Connect, dan selesailah kita mensetup ADSL kita sebagai bridge.
dan untuk melihat IP kita , masuk ke dos prompt dan ketikkan ipconfig/all.

Selamat Mencoba dan semoga bermanfaat.

note : mohon diluruskan apabila ada kesalahan.


4 Responses to “Setup BRIDGE pada ADSL (WinXP)”

  1. Assalamu’alaikum.Salam kenalSaya mau tanya.. Gimana caranya merouter memakai modem speedy dengan PC Anywhere ?Contoh : Di tempat A memakai PC Anywhere berikut Modem Speedy dan untuk tempat B sama dengan tempat A.Jadi bagaimana antara tempat A & B bisa terkoneksi tetapi menggunakan prog. PC Anywhere..Terima kasihFajar H,

  2. thx kesempatanya mampir>Gimana caranya merouter memakai >modem speedy dengan PC Anywhere ?setelah modem di set dlm bridge, buat koneksi broadband ke isp mlalui pc client yg sdh terintall pc anywhere. setlh konek, lakukan remote seperti biasa dg catatan ip tujuan mengarah kpd pc, bkn ke modem adsl.

  3. Mohon maaf pak..Setelah saya coba tapi belum berhasil juga.Mungkin bisa di terangkan mengenai settingan di modem nya ?sbb :1. dikantor A memakai Modem jenis AZTECH2. dikantor B memakai modem jenis LYNKSYS” dikantor A&B sama2 memakai PCAnywhere Ver.11Mohon bantuan untuk pencerahannya ??Terima kasih

  4. Gean's Friadi Says:

    saya pake modem jknetwork dari speedy,langsung za ya saya dah ping dari komp1 alamat 192.168.1.1 dan ada jawaban reply….dst tp,kompi ini ga langsung konek ke internet,klu yang kompi yg lain tu langsung konek ke internet maksudnya modem ni disharingkan dg 8 port,emang awalnya komp1 yang pertama disetting oleh teknisi internet.ask:apakah perlu sy setting new internet connnetion lg di control panel? dan perlu kah sy setting brigde sperti diulas diatas?thank very much ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: