Membaca NTFS di Linux

Di saat menginstall linux, terkadang kita agak pelit pada partisi linux kita. Kita memberi ukuran paling minimal pada partisi linux kita. Sehingga bila akan menyimpan file lewat linux agak kebingungan karena space yang sempit. Terpaksa kita menyimpan di partisi yang lain yang masih juga partisi dari Linux tentunya.
Tapi tidak usah khawatir. Selalu ada cara untuk mengatasinya.
Supaya linux bisa membaca dan menulis di partisi NTFS kita dapat mengatasinya dengan menginstall driver NTFS-3G di linux kita. Namun sebelum kita menginstall NTFS-3G terlebih dahulu kita harus menginstall paket FUSE terlebih dahulu.


Setelah kita mendapat paket-paket tersebut kemudian diinstall ke linux kita. Step-stepnya :

Untuk paket FUSE, ekstrak paket terlebih dahulu, kemudian masuk ke folder hasil ekstrakan tersebut. Kemudian ketikkan command berikut di Terminal dengan terlebih dahulu masuk ke root :

  • ./configure
  • make
  • make install

Kemudian setelah selesai menginstall paket FUSE lalu kita install driver NTFS-3G. Pertama kita ekstrak paket NTFS-3G, kemudian masuk ke folder hasil ekstrakan. Kemudian ketikkan command berikut di Terminal :

  • ./configure
  • make
  • make install

Setelah itu supaya linux kita dapat membaca dan menulis di NTFS terlebih dahulu kita unmount semua partisi NTFS yang sudah ter-mount. Kemudian mount ulang partisi yang akan dibaca dan ditulisi. Misal yang akan di-mount adalah partisi NTFS pertama dan akan di-mount ke folder /media/ntfs1. Maka ketikkan command berikut :

ntfs-3g /dev/hda1 /media/ntfs1

Setelah itu silahkan anda uprek-uprek partisi NTFS anda. Tapi kalo ada apa-apa resiko tanggung sendiri ya, kek kek kek… hus

Tapi langkah diatas adalah untuk mengakses partisi NTFS secara manual. Nha supaya bisa teraskses secara otomatis saat kita masuk ke linux ada caranya. Yaitu :

  • Beri tanda # pada bagian depan baris berikut /dev/hda1 /media/hda1 ntfs defaults,nls=utf8,umask=007,gid=46 0 1
  • lalu tambahkan baris berikut : /dev/hda1 /mnt/windows ntfs-3g defaults 0 0

Setelah itu partisi NTFS akan dapat dibaca dan ditulisis secara otomatis ketika kita masuk ke linux.Akhir kata, selamat mencoba…………….. dan semoga bermanfaat.

Referensi : Google dan CyberMedia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: