CD UBUNTU Gratis dari SHIPIT

Beberapa waktu yang lalu dapat kiriman FREE UBUNTU CD yang di kirim dari SHIPIT. Ini merupakan kiriman yang kedua kalinya setelah dulu ubuntu Versi 7.0 keluar. Lumayan, dapet striker eh stikernya yang bisa di tempel dimana-mana kecuali di tempel di mobil atau motornya orang Microsoft. Pertama-tama thank’s dan salut buat UBUNTU yang telah memfasilitasi gerakan OpenSource dengan pembagian FREE CD ini. Mungkin buat rekan yang berminat bisa request langsung melalui https://shipit.ubuntu.com dengan mengisikan data-data lengkap berupa email address, home dan beberapa data pelengkap lainya. Yah, mungkin inilah salah satu kelebihan sekaligus perbedaan antara LINUX dan WINDOWS dimana selain LINUX berbasis OpenSource, CD nya pun bisa di dapat secara free (Semangat mode : ON) dan untuk urusan yang free2 seperti ini bener-bener memacu semangat banyak orang😀 he..3x Next !.


Sekedar catatan perbedaan LINUX dan WINDOWS itu bukan hanya di GRATISnya doank. Beberapa jawaban di dapat bahwa Linux itu gratis dan Windows itu bayar merupakan pendapat yang sudah bisa di benarkan walau tidak sepenuhnya benar. Yang jelas disini bahwa Windows dan Linux itu termasuk nama-nama Sistem Operasi ..halah !. Selain kedua nama tersebut, adalagi merek lain dari Sistem Operasi, yaitu MacOS, Palm, DOS, OS/2 Warp, Novell, dan masih banyak lagi. Dinamakan sistem operasi karena memang fungsinya sebagai basic system yang akan mengoperasikan sebuah komputer. Ilustrasinya seperti engine mobil dalam sistem kerja mobil. Engine mobil inilah yang menjadi operating systemnya.

Kembali ke urusan gratis atau tidak. Beda Windows dan Linux bukan terletak di gratis atau tidaknya sistem operasi itu. Bukan terletak pada nominal jumlah duit. Karena bagaimanapun kalau rekan-rekan mau mendapatkan Linux atau Windows juga kudu harus datang ke toko dan membelinya. Kecuali kalau rekan-rekan mau dipentungin satpam karena ngotot nggak mau bayar CD Linux dengan alasan, “Katanya linux gratis pak ?” Gubrak ..he3x. Yang dimaksud dengan gratis adalah lisensi untuk menggunakan Sistem Operasi itu. Jadi untuk menggunakan sebuah software, kita harus mendapatkan ijin dari si pembuatnya. Nah ijin yang dimaksud adalah dengan membayar lisensi penggunaan Softwarenya. Misalnya kalau mau install Windows XP-Home di rumah, kita harus beli CD Originalnya dengan membayar $ 70, atau sekitar Rp 650.000,- Sedangkan XP-Profesional kira-kira Rp 1,4 juta. Dengan membeli CD Orisinil, kita sudah mendapatkan lisensi atau ijin untuk menggunakannya.

Lha, kalau cuma copy CD atau beli di toko seharga Rp 25.000,- itu cuma beli CD-nya doang. Belum ada lisensinya. Artinya itu ilegal alias bajakan. Ketahuan menggunakan CD bajakan, kita bisa dijerat dengan UU Hak Cipta, dengan penjara 6 bulan dan denda Rp 750.000.000. Jadi, uang Rp 25.000 yang dibayar tadi hanya untuk membayar kepingan CD dan harga produksi fisiknya saja. Sedangkan Ijin atau lisensi belum kita bayar. Ijin itulah yang harus di bayar dengan harga mahal, yang besarnya bisa mencapai Rp 700.000 untuk Windows XP-Home.

Perbedaan kedua, Windows dan Linux adalah soal open source atau tidaknya. Windows bukan open source, sedangkan Linux sangat open source. Maksudnya source adalah script kode sumber yang ruwetnya bukan maen itu. Nah kalau Linux, sourcenya dibagi-bagi sehingga bisa di pelajari, dikembangkan, diganti-ganti bahasanya misal bahasa Jawa, Bugis, Madura etc dan juga bisa bikin Linux versi sendiri Misal Linux versi Wedus Gembel atau Jaran Kepang atau apalah..!!. Lanjut ! Nah walau kode sumbernya terbuka, kita tetap tidak bisa seenaknya ganti lisensinya, kecuali memang sudah ada yang kita modifikasi untuk pengembangan. Diganti sendiri sih bisa… Tapi dosa! dan bisa dijerat juga dengan UU Hak Cipta. Udah dikasih gratis lisensi, masih ngaku-ngaku yang buat. Sedangkan di Windows kode sumber ini nggak pernah yang namanya dibuka , makanya harga Windows sangat mahal, karena nggak ada orang yang bisa mengembangkan sama-sekali dan mau nggak mau kita jadi sangat tergantung dengan microsoftnya.

Nah jadi kira-kira begitulah pendapatku tentang Linux dan Windows yang menurutku bukan soal uangnya tapi lebih di lisensi dan source. Jadi mungkin masalah gratis atau tidak nggak perlu lagi di bicarakan (lah dari tadi ngomongin apa ya ? gratisan atau bukan). Dan sekarang ada baiknya kita lihat OS di PC atau Laptop kita Bajakan atau Bukan. Inget, software bajakan sudah merupakan bentuk kejahatan dan kriminal walaupun untuk alasan pendidikan dan sosial.

Salam

Tertunduk malu :”> karena masih punya XP bajakan di hardisk lama 🙂 :”>

Serupa : http://norjik.com/2008/08/30/cd-ubuntu-gratis-dari-shipit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: